Rabu, 20 Maret 2013

Alasan Menyukai Makanan Pedas


gue suka banget sama rasa pedas untungnya ada manfaatnya :')

6 Alasan Mengapa Harus Menyukai Makanan Pedas

 
sehat cara herbal
JIKA Anda termasuk penyuka makanan pedas, sepatutnya Anda berbahagia. Pasalnya, bukan hanya memberikan sensasi saat menyantapnya, makanan pedas juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Mau tau apa saja? Berikut di antaranya seperti yang dikutip dari Zeenews.

1. Baik bagi kesehatan jantung. Cabai memiliki kandungan vitamin a, vitamin C, dan bioflavinoids. Kandungan ketiganya mampu memperkuat pembuluh darah, membuatnya elsatis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan fluktuasi tekanan darah. Fungsi lainnya, ketiganya mampu menurunkan kolesterol, dan mengurangi jumlah fibrin dalam darah.

2. Meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Capsaicin, yang merupakan komponen utama dalam cabai, menghambat Substance P, suatu zat yang berhubungan dengan proses inflamasi, yang menyebabkan sakit kepala, migrain, dan juga sinus. Capcaisin diketahui juga merangsang pelepasan endorfin yang membunuh rasa sakit akibat peradangan dan juga rasa sakit.

3. Melancarkan hidung tersumbat. Saat Anda menderita hidung mampet, mengonsumsi makanan berkuah pedas sepatutnya bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Rasa panasnya merangsang sekresi dengan cara membantu dalam membuka saluran pernapasan Anda yang tersumbat cairan. Kandungan dalam cabai juga mengandung antibakteri yang membantu melawan infeksi sinus kronis.

4. Menyukseskan program diet. Studi menunjukkan bahwa capsaicin dapat membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi jaringan lemak.

5. Menyingkirkan kanker prostat. Menurut peneliti, capsaicin yang ditemukan dalam cabai mampu mematikan sel-sel ganas penyebab kanker, terutama kanker prostat.

6. Menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan, bahkan hingga 60 persen.

Tunggu apalagi, tidak ada alasan untuk menyingkirkan makanan pedas sebagai menu makan Anda. Selain menambah selera makan, rasa pedasnya ternyata memberikan banyak kontribusi terhadap kesehatan Anda.

Sumber : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar